Sabtu, 12 November 2011

Waspada Hepatitis A, Jaga Kebersihan Diri Dan Lingkungan

Waspada Hepatitis A, Jaga Kebersihan Diri Dan Lingkungan
Berita di TV tentang kejadian luar biasa saat ini adalah tentang mewabahnya penyakit menular Hepatitis A, pasti ada diantara kita yang belum paham mengenai apa itu Hepatitis A dan bagaimana cara penularan virusnya?

Apa itu Hepatitis A :
Hepatitis A adalah sejenis virus atau penyakit yang penyebarannya melalui kotoran/tinja yang disebarkan ke makanan, jika ada yang memakan makanan yang sudah terkontaminasi oleh virus yang berasal dari tinja si penderita hepatitis A, maka orang tersebut akan  terserang hepatitis A. Hepatitis A masih lebih ringan jika dibandingkan dengan Hepatitis B dan C yang sangat berbahaya dan penyebarannya melalui darah dan hubungan suami-istri.

Ciri - ciri terkena Hepatitis A :
Penderita akan merasa demam, lemah, letih dan lesu dan ada juga yang sampai mual muntah, sehingga kondisi badan si penderita akan merasa lemas karena demam berkepanjangan. waktu terekspos sampai kena penyakit kira- kira 2-6 minggu. ciri ciri fisik sipenderita adalah demam tiba - tiba, mual muntah seperti penyakit kuning kulit dan mata menjadi kuning air kencing berwarna kuning tua dan tinja jadi pucat.

Pencegahan hepatitis A dilakukan dengan cara menjaga kebersihan diri, mencuci tangan dengan sabun sampai bersih setelah buang air besar. Jaga makanan agar memakan makanan yang dimasak terlebih dulu, terutama sayuran ataupun lalapan yang tidak dimasak sebelumnya. Hindari untuk buang air besar di tempat bukan di WC ( tempat tertutup ) seperti di jamban, selokan atau sungai, karena hal ini mempercepat proses penyebaran virus hepatitis A.  

Menurut berita tadi pagi 13/11/2011 di TVone ada dua tempat yang menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) penyebaran virus Hepatitis A, yaitu Bandung ( sudah ada sekitar 200 orang terinfeksi hepatitis A ), dan Depok ( sudah ada sekitar 90 orang yang terinfeksi virus hepatitis A ), dan kebanyakan dari penderita dalah mahasiswa. Semoga tidak ada tambahan korban virus hepatitis A caranya yaitu dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. (source : dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More